Bahaya Dibalik Sembarangan Ber-SMS

Pernah ngalamin kecelakaan saat ber-sms; entah nabrak seseorang atau benda, terjengkang karena gak merhatiin jalan? Pokoknya mengalami kejadian-kejadian konyol yang gak penting, gara-gara perhatian terbagi antara ber-sms dan aktivitas lain yang dilakukan berbarengan?

JIka belum, maka kamu perlu tahu bahwa hal ini sangat mungkin terjadi. Bahkan pernah terjadi kecelakaan serius akibat seorang pengemudi berkendara sambil ber-sms. Kalo udah sampe begini, tentu udah parah banget kan urusannya. Karena gak hanya orang yang ber-sms yang ngalamin kejadian konyol, tetapi juga orang lain yang mengalami akibatnya.

Mengapa terjadi?

Problem utamanya adalah kemampuan melakukan beberapa aktivitas secara bersamaan, atau lebih dikenal sebagai multitasking. Pada dasarnya secara ilmiah telah dipastikan bahwa tanpa memandang usia dan ketrampilan, otak manusia tidak mampu melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dalam waktu bersamaan, dengan perhatian yang penuh.

Dengan kata lain, pasti ada salah satu pekerjaan yang dilakukan sekadarnya. Jika diterapkan pada kondisi ber-sms sambil jalan, dan aktivitas ber-sms lebih menyita perhatian, maka aktivitas berjalan akan tergeser prioritasnya sehingga kita gak merhatiin jalan, ataupun kondisi di depan. Jika begini, risiko tabrakan atau celaka jadi meningkat deh!

Sekalipun kamu dah mahir banget ber-sms, sampe-sampe bisa menuliskan teks tanpa melihat keypad ponsel sekalipun, otakmu kan tetep aja mikirin kalimat-kalimat yang akan kamu tuliskan. Alhasil, tetep aja kamu terdistract dari aktivitas memperhatikan jalan.

Aman ber-sms

Emang gak bisa deh kayaknya hidup hari gini tanpa ber-sms. Kamu boleh aja melakukannya, asal:

  • Berhenti sejenak dari semua aktivitasmu, ketika akan membaca sms yang baru masuk, atau saat akan membalasnya
  • Tak perlu selalu buru-buru membalas sms yang gak penting jika kamu lagi gak bisa menghentikan aktivitasmu. Abaikan aja dulu, daripada celaka.
  • Matikan ponsel, ketika kamu sedang melakukan hal-hal penting, biar gak terganggu oleh beeper yang nandain sms masuk. Tetapi segera aktifkan kembali ponsel, dan bales semua sms, setelah kamu selesai.

0 komentar:

By :
Free Blog Templates